Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Sungai | Lensakota | Update Terkini dari Setiap Kota di Indonesia

Mobile Menu

ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Sungai

March 03, 2021

Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Sungai

 



Klaten - Kerja bakti merupakan sarana untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan, dan kenyamanan lingkungan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

 

Seperti yang dilakukan warga masyarakat Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring, Kab. Klaten bersama dengan Babinsa Bulurejo dan Anggota Koramil 21/Juwiring Kodim 0723/Klaten. Mereka bersinergi melaksanakan kerja bakti bertempat di sungai Pusur, Dukuh Dolikan, Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring, Kab. Klaten,  Rabu (3/3/2021).

 

Ikut serta dalam kegiatan tersebut Kades Bulurejo Suparman beserta Perangkat, Babinsa Desa Bulurejo Kopda Miftachur Rohman, Petugas BBWS Klaten, Relawan Ring I Kecamatan Juwiring dan warga masyarakat Dukuh Terban, Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring berjumlah sekitar 45 orang.

 

Kades Bulurejo Suparman di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa pembersihan sungai Pusur yang melintasi wilayah Dukuh Dolikan, Desa Bulurejo ini harus segera dilakukan, mengingat banyaknya sampah dan ranting bambu maupun kayu yang menutupi aliran sungai tersebut.

 

" Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menyumbat aliran sungai yang dapat mengakibatkan banjir di sekitar bantaran sungai di Dukuh Dolikan, Desa Bulurejo ini, apalagi saat ini telah memasuki musim penghujan, " ucap Kades.

 

Sementara itu Babinsa  Desa Bulurejo Kopda Miftachur Rohman menambahkan melalui gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Desa Bulurejo agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan ranting pohon yang menutup aliran sungai tersebut.

 

" Bukan hanya jalan dan lingkungan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air, dapat dijadikan sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampanhya ke sungai,"  tegas Babinsa.

 

Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai Pusur dari berbagai kotoran atau sampah dan ranting yang mengganggu, diharapkan air mengalir dengan lancar sehingga  terhindar dari banjir dan sungai juga terus terjaga kebersihannya. (red)

Please write your comments
Open Comments
Close comment