Semangat Kepala Desa lorwembun karya tak pernah padam dalam Giat TMMD Reg ke-111 Kodim 1507/Saumlaki. | Lensakota | Update Terkini dari Setiap Kota di Indonesia

Mobile Menu

ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

Semangat Kepala Desa lorwembun karya tak pernah padam dalam Giat TMMD Reg ke-111 Kodim 1507/Saumlaki.

July 09, 2021

Semangat Kepala Desa lorwembun karya tak pernah padam dalam Giat TMMD Reg ke-111 Kodim 1507/Saumlaki.

 


Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-111 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar membangun talud penahan ombak, talud pantai/penahan ombak dan saluran drainase di Desa alusi batjas dan lorwembun, Kecamatan Kormomolin. Proses pembangunan dilakukan secara gotong royong oleh anggota TNI bersama Polisi dan warga masyarakat.

 

Komandan Koramil 1507-01/Larat, Kapten Inf Mohon selaku Komandan SSK TMMD Reg ke-111 Kodim 1507/Saumlaki mengatakan program TMMD merupakan sinergitas TNI dan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di daerah. Salah satunya program fisik dengan melakukan pembangunan secara gotong royong.

 

Talud ini, dibangun untuk menggantikan talud lama yang rusak akibat terjangan ombak laut dan terjangan banjir pada 2020 lalu. Struktur talud sudah rapuh dan membahayakan sehingga harus diperbaiki. Hal inilah yang menjadi dasar, untuk segera melakukan perbaikan. "talud ini juga cukup vital untuk menjaga rumah warga masyarakat," katanya.

 

Pembukaan TMMD ini, dibuka mulai (15/06/2021) kemarin. Setiap hari TNI satu satuan setingkat kompi (SSK) dikerahkan untuk melakukan pembangunan. Mereka berasal dari berbagai kesatuan, seperti Batalyon 734/SNS, Polres Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Brimob Polda Maluku dan dari Kodim.

 

Selama proses pembangunan ratusan TNI bersama Polisi dan masyarakat turun bersama-sama. Mereka bahu-membahu, mengumpulkan dan mengangkat batu untuk pembangunan talud. "Kita lakukan dengan gotong royong bersama masyarakat untuk membangun talud ini," kata Kapten Mofun, Kamis (08/07/2021).

 

Selain pembangunan talud, program fisik juga dilakukan dengan membangun saluran drainase. Fokus pembangunan dititikberatkan pada pembangunan talud penahan ombak, talud pantai/penahan ombak Sasaran di Desa Lorwembun Kec. Kormomolin pembangunan talud pantai/penahan ombak (panjang : 300 m, lebar bawah : 1,40 m, tinggi : 2,20 m, lebar kepala 80 cm, kedalaman kopor : 80 cm).

 

Serta Sasaran yang ada di Desa Alusis Batjas Kec. Kormomolin'  Pembangunan talud penahan banjir (panjang : 300 m, lebar bawah : 1,50 m, tinggi : 1,80 m, lebar kepala 50 cm, kedalaman kopor : 80 cm) dan pembangunan talud penahan ombak (panjang : 127 m, lebar bawah : 1,40 m, tinggi : 2,20 m, lebar kepala 80 cm, kedalaman kopor : 80 cm) serta pembangunan saluran Drainase %%(panjang : 69 m, lebar bawah : 1,60 m, lebar atas : 1,90 m ,tinggi : 1,50 m).

 

"Target kita akhir pekan ini sudah selesai semua pembangunan talud dan drainase," kata Kapten Mofun.

Sementara itu, Kaur pembangunan, Paskalina Ikinresi mengatakan selama proses pembangunan warga siap mendukung kegiatan yang ada. talud ini merupakan akses utama untuk keamanan warga masyarakat alusi batjas dan lorwembun.(Red)

Please write your comments
Open Comments
Close comment