Upaya Cegah Hama Tikus ,Babinsa Wonosari Hadiri Bintek Penanggulangan Hama Tikus | Lensakota | Update Terkini dari Setiap Kota di Indonesia

Mobile Menu

ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

Upaya Cegah Hama Tikus ,Babinsa Wonosari Hadiri Bintek Penanggulangan Hama Tikus

September 04, 2021

Upaya Cegah Hama Tikus ,Babinsa Wonosari Hadiri Bintek Penanggulangan Hama Tikus

 


Klaten - Sertu Haryanto Babinsa Desa Bener Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Bersama PPL Wonosari dan Gapoktan Menghadiri Bintek Penanggulangan Hama Tikus di Desa Bener Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten,(3/9/2021)

 

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Kades Bener Ibu Suparni, PPTP Jatisari Jakarta Yadi, Babinsa Desa Bener Sertu Haryanto , Ketua PPL Wonosari Sutarmin dan anggota Gapoktan Suko Tani dan para petani.

 

Babinsa menyampaikan bahwa mengingat wilayah Desa Bener untuk populasinya hama tikus sangat banyak sekali perlu adanya pencegahan hama tikus ,dengan kegiatan bintek ini penting sekali bagi petani ,karena dapat menambah ilmu dan wawasan tentang penanggulangan hama tikus diwilayah Desa Bener.

 

Yadi dari PPTP Jatisari Jakarta menyampaikan bahwa kunci keberhasilan pengendalian hama tikus itu dimulai dari pratanam sampai panen.

 

" lakukan pengamatan rutin dan pelaksanaan gerakan pengendalian harus serempak, kompak, dalam areal yang luas. untuk jangka panjang, petani wajib melakukan tanam serempak dan memanfaatkan musuh alami yang ada di alam seperti burung hantu, " kata Yadi.

 

Petani harus menjaga keberadaan burung predator tikus tersebut, jangan diburu, buatkan rumah-rumah burung hantu (rubuha/pagupon) di lahan persawahan. selain itu petani juga harus menjaga kebersihan lahan.

 

" agar efektif lakukan pengendalian hama tikus itu pada saat lahan dalam kondisi bera/pra tanam dengan gropyokan dan pengemposan," pungkas Yadi. (Red)

Please write your comments
Open Comments
Close comment